stick driver golf

Stick Driver, Perannya dalam Permainan Golf

 

Dalam peraturan golf, setiap pemain diperbolehkan menggunakan atau membawa maksimal 14 club atau stick golf. Umumnya, para pemain membawa tiga jenis stick utama:  Wood, Iron dan Putter. Nah, kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai stick driver atau wood.

 

Stick driver ini biasanya digunakan saat pertama kali melakukan pukulan pada bolanya alias tee off. Fungsi dari penggunaan stick ini adalah agar mendapatkan jarak terjauh dari posisi awal setiap hole menuju green hole atau area lubang. Pukulan yang dilakukan dengan stick ini biasanya dapat melambungkan bola golf dengan cukup tinggi.

 

Dengan stick driver, Anda bisa melakukan pukulan rata-rata 200 meter atau lebih, terlebih lagi jika Anda sudah terlatih atau pemain pro. Namun mengenai akurasi dari klub ini memang tidak seakurat stick lainnya.

 

Ciri-ciri dari stick ini yaitu biasanya berlubang, memanjang beberapa inci dari sisi ke sisi dan beberapa inci dari depan ke belakang, dengan garis bulat. Stik ini memiliki ukuran standar sekitar 45 inci untuk pria dan 44 inci untuk wanita. Jenis stick ini menggunakan bahan dari kayu meskipun saat ini ada juga yang sudah menggunakan bahan titanium atau baja agar lebih kuat dan mendapatkan pukulan lebih jauh.

 

Baik pemula maupun yang sudah pro player memang mengenakan jenis stick yang sama untuk pukulan pertamanya. Mereka berharap mendapatkan pukulan dengan jarak yang cukup jauh sehingga menghemat waktu untuk memasukkan bagian bolanya ke dalam lubang dan mendapatkan point.

 

Seperti halnya stik golf jenis lain, driver terus mengalami inovasi seiring berjalannya waktu. Inovasi yang terjadi berada di segala aspek mulai dari sudut driver, bobot, tangkai, sudut pandang, dan pusat gravitasi.

 

Dari segi penampilan, driver kini umumnya tampil lebih tipis. Namun, konstruksinya lebih kompleks dan bobotnya menjadi lebih ringan. Beberapa inovasi ini bertujuan untuk menghasilkan ayunan yang lebih cepat dan lebih efisien daripada sebelumnya. Bagi Anda yang ingin mencari stick golf driver, berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih.

 

Titleist TSI2 Tensei Blue

stick golf driver

Rekomendasi pertama adalah stick Topgolf Driver Golf Titleist TSI2 Tensei Blue yang didesain untuk pukulan pertama dengan jarak jauh. Stick golf ini didesain memiliki bentuk yang lebih rapi dan halus, sehingga bisa meningkatkan kecepatan pukulan dan lebih stabil saat diayunkan.

 

Menggunakan bahan titanium, stick golf ini bisa menghasilkan pukulan yang keras dan terarah serta memiliki aerodinamis yang sangat baik untuk memecah angin dan menjaga akurasi ayunan pukulan Anda.

 

Inesis Golf Driver 500

Inesis Golf Driver 500 merupakan stick golf yang biasa digunakan untuk pukulan pertama yang kuat dan terarah. Stick golf ini memiliki 12 ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda menyesuaikan dengan gaya permainan.

 

Kepala stick golf ini memiliki efek pegas seperti trampolin yang bisa melepaskan energi yang lebih kuat saat membentur bola. Selain itu, stick golf ini juga memiliki stabilitas yang baik dan dapat digunakan untuk memukul bola dengan tangan kanan maupun kiri.

 

Ping G400

Ping merupakan salah satu merk stick golf terdepan dalam peningkatan driver. Salah satu driver terbaru adalah Ping G400. Driver ini menggabungkan perubahan teknik yang cukup untuk membuat driver tampil dengan luar biasa.

 

Perubahan ini kemudian menjadi populer dan membuat banyak pembuat driver lainnya mengikuti perubahan tekniknya. Ping G400 memiliki teknologi faster forged face, tungsten back weight, enchanted acoustic, faster shape, dan dragonfly technology yang membuat driver ini digemari oleh para golfer.

 

Ping G425 Max Driver

Stick yang memiliki tampilan ringkas dan elegan ini hadir dengan permukaan baja antikarat Hyper 17-4. Berkat hal itu, kecepatan pukulan yang dimilikinya juga diklaim terbaik di antara semua seri G yang dimiliki merek ini. Poros baja yang ringan dan pendek membantu mengontrol pukulan yang stabil dan konsisten. Jika Anda mencari desain yang ringkas, Ping G425 ini adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

 

Mizuno ST-Z 220

Stick golf ini baru saja dirilis Mei lalu dalam beberapa tipe. Salah satunya yaitu Mizuno ST-Z 220 yang dilengkapi dengan konstruksi karbon kaki/tumit yang seimbang dengan bobot di bagian tengah belakang. Hal ini membuat ST-Z220 dapat menghasilkan dorongan yang menyebabkan putaran bola menjadi rendah dan lurus stabil.

 

Tidak hanya itu, permukaan ST ini dilengkapi dengan forged SAT2041 Beta Ti yang sangat tangguh dengan desain CORTECH ketebalan ganda yang dapat meningkatkan kecepatan bola.

 

Mizuno ST-X 220

Berbeda dengan tipe Z, Mizuno ST-X 220 sangat cocok untuk pemain yang mencari kecepatan putaran bola yang lebih tinggi. Seri ini diberi perluasan area carbon sole sebesar 40% dan menipiskan bagian Titanium.

 

Bobot bagian belakang seri ini dilengkapi dengan bias tumit 20 gram, sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kecepatan ayunan sedang, namun tetap menghasilkan peluncuran bola yang lebih lama. ST-X juga tersedia sebagai opsi J-Spec dengan poros HeLIUM NanoCore ultra-ringan yang cocok untuk pemain usia lanjut. Buat Anda yang ingin menjajal driver Mizuno, driver second juga bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah driver Mizuno ST 200 yang bisa Anda dapatkan di Golf Armour Indonesia.