shaft stick golf

Shaft Stick, Jenis dan Kegunaannya

 

Dalam memilih stik golf, kita harus memperhatikan kebutuhanmu kita dulu, karena setiap jenis stik golf memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan penggunaannya. Dan perlu diingat, hal terpenting yang sangat mempengaruhi pemilihan stik golf adalah jenis shaft stick yang dimiliki.

Shaft adalah bagian batang tengah antara grip dan head pada alat golf atau stick. Shaft stick yang beredar umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu berbahan graphite seberat 45-80 gr dan dari material steel yang beratnya mencapai 75-130 gram.

Shaft sangat mempengaruhi penggunaan stik golf itu sendiri. Memilih stik golf berdasarkan jenis shaftnya harus disesuaikan dengan kecepatan swing pemakainya. Semakin panjang ukuran shaft, maka akan semakin kecil pula sudut kemiringannya. Maka dari itu, kenali jenisnya terlebih dahulu agar permainan semakin menyenangkan.

 

Ladies Flex

Ladies flex adalah stik golf yang memiliki shaft tidak terlalu panjang. Stik golf jenis ini biasanya diperuntukan bagi wanita yang ingin bermain golf. Ladies flex sendiri digunakan hanya untuk melakukan pukulan dengan kecepatan swing kurang dari 60 mph.

 

Senior atau A Flex

Stik golf yang satu ini memiliki shaft yang lebih panjang dibandingkan Ladies flex. Senior atau A flex memang diperuntukan pemakaian pada kecepatan 60-75 mph. Sudut kemiringan yang dimiliki Senior atu A flex juga lebih kecil dibandingkan Ladies flex.

 

Regular Flex

Untuk melakukan pukulan jarak jauh dan berkecepatan tinggi, Anda disarankan menggunakan Regular flex. Shaft ini sering disamakan dengan Senior atau A flex, padahal keduanya memiliki fleksibilitas yang berbeda. Regular flex digunakan untuk melakukan pukulan dengan kecepatan swing sekitar 75-84 mph.

 

Stiff Flex

Jika Anda ingin melakukan pukulan dengan lebih keras dan mendapatkan kelenturan yang lebih baik, maka dianjurkan untuk memakai Stiff flex. Stik golf yang satu ini diperuntukan pemukulan dengan kecepatan swing sekitar  84-93 mph.

Stik golf ini memang cocok digunakan untuk melakukan pukulan ketika sasaran berada sangat jauh. Namun akurasi yang dimiliki Stiff flex tidak begitu baik akibat fleksibilitas yang dimiliki,  sehingga Anda harus benar-benar mengandalkan kemampuanmu dalam mengukur sasaran.

 

X-Stiff Flex

X-Stiff Flex adalah stik golf yang digunakan ketika melakukan pukulan yang benar-benar jauh. Stik golf ini adalah pilihan tepat melakukan pukulan dengan kecepatan swing di atas 93 mph. Namun Anda harus berhati-hati, karena stik golf ini tidak cocok digunakan untuk pemula.

 

Custom Fitting Stick Golf

Jika Anda ingin memperbaiki tempo permainan, Anda bisa memakai stick golf yang dibuat atau disesuaikan dengan karakter individu. Custom Fitting adalah salah satu cara yang efektif meningkatkan kualitas permainan, yaitu dengan melakukan penyesuaian stick yang digunakan agar benar-benar sesuai dengan karakter kita seperti speed swing, tinggi badan, dan gaya bermain. Custom fitting juga sangat disarankan bagi Anda yang ingin lebih serius dalam bermain golf, termasuk mengikuti berbagai turnamen golf.

 

 

SEPUTAR CUSTOM FITTING

Pada dasarnya custom fitting adalah proses menganalisa swing seorang golfer agar dia dapat mengetahui stick golf yang cocok. Yang perlu diperhatikan dalam proses fitting adalah sebagai berikut.

 

Swing Speed

Perlu diketahui terlebih dulu, swing speed atau kecepatan swing kita saat impact dengan menggunakan driver maupun iron, hal ini diperlukan untuk mencari shaft flex yang tepat. Pengukuran swing speed dilakukan dengan memasang alat speed monitor didepan bola yang akan kita pukul.

 

Tempo

Apakah tempo swing anda cepat atau lambat. Dapat mempengaruhi karakter shaft yang disebut Torque (putaran atau puntiran).

 

Bentuk Torque

Untuk pegolf professional, flex shaft yang digunakan cenderung yang kaku (stiff), maka torque-nya semakin kecil. Sementara pegolf amatir, dengan shaft yang lentur, maka torque pun semakin besar.

 

Panjang Shaft

Kalau anda tinggi bisa jadi panjang shaft harus ditambah, sebaliknya kalau anda pendek bisa jadi panjang shaft harus dikurangi. Panjang shaft bisa memberikan pengaruh pada kontrol jarak. Jika Anda menggunakan shaft yang terlalu pendek maka distance carry (jarak tempuh bola) juga akan menjadi berkurang.

Namun sebaliknya, shaft yang terlalu panjang juga bisa membuat anda menjadi lebih sulit untuk mengontrol jarak. Begitu pula dengan berat ayunan (swing weight) dan kecepatan ayunan (swing speed) di mana shaft yang semakin panjang akan membuat swing weight dan swing speed-nya menjadi bertambah.

 

Berat Shaft

Berat shaft juga bisa memberikan pengaruh pada feel, total weight dan swing weight sebuah stik golf. Untuk menentukan berat shaft yang cocok untuk Anda bisa dilihat dari stamina, swing speed, berat badan dan skill yang sudah Anda kuasai. Berat shaft driver untuk pemula atau mid player yaitu antara 40-60 gram, sementara pro mencapai 70-90 gram.

 

Untuk pilihan Shaft Stick, Anda bisa berkunjung ke Golf Armour

Koleksi Shaft Stick – Golf Armour Indonesia

Atau Hubungi